Maaf

“maaf” sebuah kata yang menggambarkan tentang sebuah penyesesalan. Gak semua orang di dunia ini mudah untuk mengakui kesalahannya dan  meminta maaf. Seakan-akan kata “maaf” sangat berat diucapkan. Terutama bagi kaum adam.


Terkadang, ada orang yang meminta maaf kepada kita tapi belum tentu dia mengucapkannya dari hati.

Sekedar kata “maaf” saja belum menjamin orang tersebut untuk menyesali perbuatannya.

Namun, ada juga orang yang meminta maaf dengan hatinya, sehingga sudah dipastikan ia akan sangat down. Memang susah untuk membedakan mana “maaf yang tulus” dan “sekedar maaf”


Bagi laki-laki, mengakui kesalahan itu sulit apalagi meminta maaf. Terkadang mereka kaum adam berfirkir…

“Yaudahlah, ntar juga ilang sama waktu”

Itu yang membuat mereka semakin sulit mengakui kesalahannya. Tapi, pria sejati bukan yang hanya menggandalkan otot dan otak melainkan “berani mengakui kesalahannya dan berani meminta maaf”


Memang yang namanya meminta maaf dengan tulus ada pengorbanannya, entah itu kehilangan teman, kehilangan orang yang kita cinta bahkan rasa malu yang sering menimpa. Namun itulah yang harus kita lakukan. Setiap pengorbanaan yang tulus atas seizin-Nya akan berbuah manis pula.

Dan ada sedikit rahasia kecil gue tentang “maaf”: Ucapan maaf yang tulus bisa membuat kita merasa lebih baik meski kita banyak kehilangan teman dan orang yang kita cinta.  Jangan pernah berhenti untuk memberi yang terbaik bagi mereka.



Bagi kamu yang punya kegelisahan, bisa share ke ask.fm gue @JombloFM (Jomblo.FM). Gue akan jawab pertanyaan kalian sebisa mungkin. Thanks for reading, don’t forget to share…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar