Kisah Tulisan Jomblo

Ini adalah kisah lengkap perjalanan tulisan gue. Gue harap dapat menghibur kalian dan mengispirasi kalian. Salam jomblo!

Pada dasarnya gue gak punya basic dalam menulis. Gue ngenulis, hanya sekedar ngisi liburan dan hari-hari gue yang garing. Sampe suatu hari gue ketemu Raditya Dika di YouTube. Gue banyak belajar dari dia. Ya… meski cuma bisa ketemu di Internet, setidaknya banyak lah yang bisa gue dapet dari dia.

Ups, bukan uangnya ya.., tapi gimana jadi penulis yang beda and punya cerita-cerita menarik.

Awalnya gue bingung, apa yang harus gue tulis dan bagaimana cara menulis yang baik. Gak tanggung-tanggung, gue langsung pergi ke gramedia and beli 3 novel fiksi yang masing-masing punya karakteristik yang beda. Gue baca sambil belajar bagaimana penulisan yang benar. Saat gue rasa udah memahami itu semua, gue kembali mikirin konsep apa yang bakal gue angkat ke tulisan gue.

“Kenapa gak nyontoh novel-novel terkenal?”

Wets, gue gak kaya gitu. Gue mau sesuatu yang baru. Gue mau sesuatu yang beda and menarik. Gue mau buat yang gak ngebosenin. Dengan prinsip gue “make a something different” gue ngebuat tulisan komedi fiksi, kalo yang bahasa senoirnya sih “Young Adults”. Biasa sih, kedengerannya. Tapi ini belum selesai guys, gue masih mikir konsep yang beda dan menarik yang harus gue masukin.

Beberapa hari gue nyepi di gramedia, pikiran gue mulai kebuka. Kebetulan gue suka yang namanya superhero, gue juga suka yang namanya main Twitter dan gue jomblo. Otak dengkul gue mulai berfikir, dan akhirnya gue berhasil menyatukan itu. Terciptalah “Spiderman Jones”. Judul ini sedikit aneh sih, tapi banyak yang sepakat sama ini judul. Nulis, nulis dan nulis, jadi kegiatan gue. Semua pengalaman absut gue dan pengalaman ngenes gue sama cewe-cewe yang pernah gue deketin, gue tulis disini. Tapi tentu aja, gue gak nulis tentang cerita gue sama cewe yang pernah gue deketin disekolah ini. Bukan, bukannya gue takut dimintain royalti, tapi gue takut digebukin sama mereka. Gak kebayang gue mati digebukin mantan. Mati konyol gue. Apa jadinnya kalo kematian gue ditulis dikoran “Meninggal Dihajar Mantan Karena Nulis Tentang Kisah Dia dan Mantannya” gak etis dan gak terhormat banget gue jadi jomblo. Akhirnya daripada gue gigitin permen mint mending gue lanjutin ini cerita ya…

Balik lagi ke naskah gue, gue sempet yang namanya mentok nyari ide. Sampe akhirnya gue punya ide baru yang gue harap bisa bikin tulisan gue lebih menarik and gokil. Gue buat sesi Jomblo.fm di Ask.fm and Twitter. Awalnya kerasa sepi banget. Hari besoknya lagi, ternyata yang masuk gak begitu mengecewakan. Akun Ask gue mulai banyak yang nanya, begitu juga akun Twitter gue. Setengah hari gue bales pertanyaan mereka.

Ide gue yang ini berhasil. Tapi, gue gak jual murah gitu aja, hanya pertanyaan yang kreatif and susah dijawab yang bakal gue masukin bab gue tersebut. Singkat cerita bab ini kelar sekelar-kelarnya.

Nulis, nulis dan nulis yang gue lakuin. Berifikir dan berfikir yang gue lakuin. Gue juga nampung cerita-cerita orang lain. Siapa tau menarik. Dengan kekuatan bulan dan kentut, naskah gue akhirnya kelar sekelar-kelarnya selama sebulan. Dan singkat cerita konsepnya gue ganti jadi nama tokoh-tokoh terkenal, tapi tetep media sosial gue masukin jadi konsep. Naskahnya berjudul “Robin van Jomblo” lebih keren dari sebelumnya toh.

“Siapa yang ngedit?”

Gue. Gue yang ngedit naskah gue sendiri. Awalnya Nyokap mau jadi editor gue, tapi gue tolak. Bukan, bukan karena gue ngeremehin dia sebagai editor ato apa pun. Gue rasa, Nyokap pasti bakal ngetawain gue. Bukan, bukan karena tulisan gue ngacak-ngacak ato malah gue make font wingdings. Tapi, karena ini cerita bener-bener malu-maluin gue. Semua tulisan yang gue tulis, gue buat segoblok-goblok mungkin. Gue disini sampe sadar, kalo ngebego itu susah dibanding jadi pinter. Dan Nyokap gue itu biasanya ngedit naskah berita yang formal, sedangkan tulisan gue gak ada formal-formalnya sekalipun. Formalin iyak. Ya, jadi gue yang jadi editor naskah gue sendiri.

By the way, karena naskah gue dah jadi, gue langsung pergi ke penerbit. Dihari sebelumnya, gue ngeceritaiin ini kesalah satu penulis yang tentunya udah resmi. Awalnya dia, bingung ngeliatin gue mainin musik sisir, sampe akhirnya dia berguru sama gue. Gue manfaatin dong, momen ini buat nanya-nanya tentang dunia goib novel fiksi. Dia ternyata juga penasaran sama naskah gue dan dia mau baca naskah gue. Gue tolak aja. Enak aja, ngebaca naskah gue. Ntar, dijeplak lagi ide gue #PDabis.

Kembali ke perjalanan gue ke kantor peneribit. Disana, gue udah dagdigdug gak jelas. Rasanya cacing di badan gue lagi pada dugem. Kampret, emang nih cacing. Gue pun, nanya sama sapol PP satpam kantor penerbit itu.

‘Pak, saya mau nganter naskah dong.’
‘Taro situ aja dek’ nunjuk ke meja dia.
‘Yah, saya mau ketemu langsung aja pak sama orang kantornya.’
‘Oh, yaudah. Nih, kartu ID-nya.’ Sambil senyum homo.’
Gue masuk dan ngasi naskah gue langsung ke orangnya. Sampe mba-mba nya bilang
‘3 atau 4 bulan lagi kami kabari.’

Syukur, Alhamdulillah bukan di kebiri. Tapi, he to the lo. Hello….. 3 ato 4 bulan itu lama cyin. Ya, tapi mau gimana lagi, udah difonisnya begitu. Its, oke lah...

Siangnya gue dapet tawaran dari produser production house buat ngejadiin naskah gue FTV. Seneng seseneng-senengnya. Tapi, gue gak bisa ngepublis naskah gue. Terus si produser, minta naskah gue yan baru (suruh ngebuat cerita yang baru). Gue pun nerima tawaran itu and naskah gue di film-kan dengan ikhlas.


Gue seneng dengan dunia gue yang baru ini. Meski gue jomblo akut, gue bisa ketemu dengan yang namanya orang-orang hebat karena nulis. Ya, meski juga, gue tetep gak bisa deket sama cewe-cewe yang hebat  itu. Tapi pergaulan gue juga makin luas karena nulis. Nulis sebenernya gak ngebosenin, nulis itu seru. Serunya, bagaimana kita ngebuat orang jadi lupa sejenak akan permasalahan yang dia alami, bagaimana ngebuat si pembaca bisa terhibur dan terinspirasi, dan bagaimana caranya untuk membuat sesuatu yang berbeda. Sastra gak selalu harus serius. Sastra itu tentang kebebasan dalam berfikir untuk menciptakan sebuah tulisan yang beda and menarik. 

Gue @AmazingBP, salam jomblo…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar